Senin, 22 Mei 2017

TIK Sebagai Media Sosial

 MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan virtual. Tujuan media sosial diantaranya yaitu: mempermudah proses belajar mengajar, meningkatkan efisiensi belajar mengajar, mengandung materi, membantu konsentrasi siswa dan menarik/merangsang siswa dalam proses belajar. Berikut adalah beberapa macam media sosial : Facebook (media peringkat pertama dan paling banyak digunakan), Twiter (menulispesan), Blog (tulisan pada sebuah halaman web), Youtube (menampilkan video), Instagram (berbagi foto/ video).
Berikut adalah dampak positif media sosial : 1) Facebook, twiter dan sebagainya dapat digunakan pelajar, untuk saling berkomunikasi dan berdiskusi dengan antar teman/guru/orang mengenai pelajaran. 2) Blog, wordpress dan sebagainya dapat digunakan untuk mengasah kreatifitas. Dampak negatifnya yaitu : 1) Membuat waktu terbuang dengan sia – sia seingga lupa bekerja, beristirahat dan beribadah. 2) Mengeluarkan banyak uang, untuk media sosial, sehingga mengorbankan yang lebih uatama. 3) Mengganggu konsentrasi pelajar, jadi malas dan tidak kreatif. 4) Mengancam keamanan diri. 5) Mengancam kesehatan.
Cara untuk menanggulangi dampak negatif dalam teknologi informasi yaitu: orang tua/guru memberi bimbingan/pengawasan, tidak menjadikan mediasosial sebagai satu-satunya mediabelajar, mengatur waktu dan perlu kesadaran diri, serta rajin berdoa.
Manfaat media sosial yaitu : 1) Menciptakan komunitas (berkolaborasi, saling berbagi tips pelajaran dengan kelompok belajar) 2) Bertambahnya wawasan (Para pelajar saling memberi,menerima 3) Mengatur sumber pembelajaran (menjaga semua informasi agar terorganisir dan mudah diakses)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar