Mungkin banyak pengguna Office yang tidak mengetahui bahwa perintah-perintah yang terdapat pada ribbon Office 2010 dapat diakses dengan menggunakan tombol shortcut keyboard. Tombol shortcut ini tersedia secara default pada setiap aplikasi Office 2010 yang menggunakan interface ribbon. Tujuannya sudah jelas yaitu untuk mempercepat pekerjaan Anda dibandingkan mengakses perintah tersebut dengan mouse.
Cara menggunakan shortcut untuk ribbon ini sangat mudah, sebagai contoh pada aplikasi Word 2010, tekanlah tombol ALT pada keyboard, lalu perhatikan pada ribbon akan muncul kotak-kotak kecil berisikan angka atau huruf yang harus Anda tekan berikutnya.

Angka atau huruf tersebut mewakili tab-tab perintah yang ada dibelakangnya. Jadi jika misalnya Anda hendak menjalankan perintah pada tab Insert, maka Anda harus menekan tombol huruf N pada keyboard.

Berikutnya ribbon akan menampilkan isi tab Insert dan kembali menampilkan kotak-kotak kecil berisikan huruf yang mewakili perintah-perintah tertentu didalam tab Insert tersebut. Misalnya untuk menyisipkan gambar maka selanjutnya anda tinggal menekan tombol huruf P pada keyboard Anda. Dan hasilnya aplikasi Word akan menjalankan perintah Insert Picture.
Dari contoh tersebut dapat Anda lihat bahwa untuk menggunakan perintah Insert Picture pada aplikasi Word 2010 maka Anda tinggal menekan kombinasi tombol keyboard ALT + N + P. Cara ini tersedia secara default dan tentunya akan jauh lebih cepat dibandingkan Anda harus mengaksesnya dengan menggunakan mouse.
Silakan Anda eksplorasi lebih lanjut penggunaan tombol-tombol shortcut default untuk mengakses perintah pada ribbon ini tentunya untuk mempercepat pekerjaan Anda sehari-hari.