Senin, 20 Februari 2017

Peralatan Jaringan Komputer

Peralatan Jaringan Komputer

Peralatan Umum Dalam Jaringan Komputer

Berdasarkan Cisco Certifed Network Associate Curriculum (2008), terdapat 7 peralatan utama yang umum dalam jaringan, yaitu :
Modem
Modem digunakan untuk mengubah informasi digital menjadi sinyal analog. Modem mengubah tegangan bernilai biner menjadi sinyal  analog dengan melakukan  encoding data digital ke dalam frekuensi  carrier. Modem  yang umum digunakan dihubungkan pada jalur telepon, oleh karena itu  modem  ini mampu memodulasi  data digital ke dalam sinyal berspektrum suara. Proses  tersebut disebut modulasi. Modem  juga dapat mengubah kembali sinyal  analog yang termodulasi menjadi  data digital, sehingga informasi yang terdapat di dalamnya dapat dimengerti oleh komputer. Proses ini disebut demodulasi.

Repeater
Repeater merupakan  network device  yang digunakan untuk memperkuat kembali sinyal komunikasi jaringan.  Setelah melalui media transmisi, sinyal dapat mengalami atenuasi.  Repeater  bertugas untuk memperkuat kembali sinyal tersebut sehingga dapat ditransmisikan lebih jauh. Repeater tidak melakukan pengambilan keputusan apapun mengenai pengiriman sinyal.

HubHub
Hub menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN. Hub tidak mampu menentukan tujuan, hanya mentransmisikan sinyal ke setiap line yang terkoneksi dengannya dengan menggunakan mode half-duplex.
Bridge
Bridge mengatur transmisi data dalam jaringan berdasarkan Media Access Control (MAC) address yang berada pada  layer 2 model OSI, yaitu data link layer. Bridge harus meneruskan  frame broadcast. Bridge membagi collision domain tetapi tidak membagi broadcast domain.
Switch
Switch menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN, sama seperti  hub. Perbedaannya adalah  switch dapat beroperasi dengan mode full-duplex dan mampu mengalihkan jalur dan memfilter informasi ke dan dari tujuan yang spesifik.Router

Tidak ada komentar:

Posting Komentar